Kamis, 23 Januari 2014

Andaikan Waktu Bersahabat…

Hwellow teman-teman semua. Udah lama banget gue gak nulis-nulis blog lagi. Rasanya males aja buat tetep nulis. Sebenernya banyak kejadian – kejadian yang gue alamin. Tapi entah hasrat untuk menulis memasuki zona kritis dalam kehidupan gue sekarang. Gue kadang berpikir sama penulis-penulis buku, pernahkah mereka dirasuki rasa kayak gue untuk tidak produktif. Tapi gue tahu bahwa mereka memilih jalan itu sendiri dan bersiap melibas semua aral rintangan yang menghadang.
   
Hemm, back to reality. Semua pasti tau kalo waktu mau digunain ato enggak tetep aja berjalan. Gue sadar aja beberapa hal waktu kemaren saudara-saudara dari Lampung pulang ke Jogja selama seminggu. Gue sempetin nemenin jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di jogja. Nemenin jalan-jalan ke Pantai Glagah, Waduk Sermo, Pasar Beringharjo, dan Malioboro. Seminggu itu rasanya cepet banget meski melakukan aktifitas yang bermakna. Sayangnya, gue gak sempet ikut nemenin hari waktu ke Candi Prambanan, Borobudur, Parangtritis, sama Gembira Loka karena gue harus balik kosan menyelesaikan tugas akhir semester di kampus, thats make me little bit stress man..

Setelah seminggu di rumah, saudara-saudara gue balik ke Lampung, gue nyadar akan beberapa hal. Pertama, waktu itu mau digunakan ato gak digunakan akan senantiasa berjalan. Kedua, waktu sekarang rasanya semakin cepet aja, pagi lalu siang, sore, malem, pagi lagi, ketika gue melakukan banyak hal, ketika gue gak nglakuin apa-apa rasanya sama cepetnya. Gue nganggur di rumah juga tiba-tiba malem, gue pergi, jalan-jalan juga tiba-tiba udah malem. Ketiga, gue suka kalo rumah itu rame, banyak orang, banyak temen. Keempat, ternyata meninggalkan kenyamanan itu berat. Ketika saudara-saudara pada balik ke rumah, berat aja rasanya. Gue nyaman akan kehadiran mereka di rumah.

Mau gak mau kita harus berpacu dengan waktu. Gue udah tua ternyata, udah bukan anak bayi lagi. Rasanya baru kemaren masuk kuliah, sekarang udah jadi mahasiswa semester 6 aja. Gila, ngapain aja gue 3 tahun? Rasanya belum dapet apa-apa. Waktu kecil, gue pernah beranggapan bahwa ketika seluruh jam di dunia diputer kebalikannya dari arah jarum jam, maka waktu akan kembali. Khayal banget rasanya. Gue rasa ini efek kebanyakan liat Anime Jepang yang dulu diputer di stasiun televisi swasta di Indonesia. Tapi sekarang gue sadar, bahwa yang terlewat gak akan bisa diulang.

Waktu juga yang melunturkan semuanya. Yang tadinya spesial jadi biasa aja, yang tadinya istimewa jadi biasa aja. Pembiasaan terjadi seiring bertambahnya waktu kita menjalaninya. Berani gak berani, kita harus melewatinya. Toh bakal sama aja. Waktu gak bisa diputer ulang, kita gak akan bisa kabur dari itu semua. Semua akan terlewati hingga tinggal kenangan indah atau sesal ingin lebih baik di masa lampau. Tapi itulah yang terbaik di masa lalu, dan lakukan yang terbaik di masa sekarang dan akan datang.

Yapp, andaikan waktu bersahabat. Andaikan dunia dipencet tombol F2 muncul jendela bantuan untuk membantu kita melakukan sesuatu. Semua akan terlewati, semua akan dialami, cepat ato lambat, siap ato gak siap. Wish everything will be alright and happy ending....see ya @w@

3 komentar:

  1. produktif atau tidaknya kan relatif bang :)
    Yang penting jangan ditelantarin aja blognya :)

    BalasHapus
  2. "Rasanya baru kemaren masuk kuliah, sekarang udah jadi mahasiswa semester 6 aja."
    Aku pun ngerasa gitu, keknya baru kemaren jadi maba culun, eh taunya sekarang udah semester tua :))))
    salam kenal yan, kalo kopdar kk jokja ikutan dong :D

    BalasHapus