Rabu, 09 September 2015

Biggest Fear of our Generation

Haloooo....
Jumpa lagi dengan gue, si Dino Nyonyo a.k.a Dinyo. Gimana kabar kalian semua? Baik kan? Alhamdulillah. Semoga kita selalu menjadi lebih baik detik demi detik. Okay, kali ini gue mau membicarakan tentang ketakutan terbesar di generasi kita. Berbeda dengan generasi 90-an yang masih perawan dengan yang namanya gadget dan smartphone, generasi saat ini sudah menjadikan gadget dan smartphone sebagai bagian dari kehidupannya.
Source: https://pbs.twimg.com/media/CKWpUgbWcAAAGJC.png

Pada dasarnya gadget dan smartphone digunakan untuk mempermudah manusia dalam berbagai bidang. Dengan kecanggihannya, pekerjaan manusia pun tentu akan semakin terbantu terutama dalam menyediakan sarana telekomunikasi. Betapa mudahnya manusia untuk tetap berkomunikasi walaupun terpaut jarak beribu-ribu kilometer. Cukup dengan telepon, sms, bahkan yang lebih mudah sekarang tersedia layanan jejaring sosial via internet. Bayangin deh dulu kalo pacaran nerima surat cinta itu deg-deg serr sampai jantung mau copot. Betapa ditunggunya sepucuk surat cinta curahan perasaan rindu menggebu-gebu. Sekarang? Cukup wasap atau BBM pacar kurang lebih bila diilustrasikan dalam percakapan jadi gini:

“sayang, aku kangen kamu....”
“aku juga e sayang...”
“juga apa syg?”
“juga kangen kamu....ketemuan yuk?”
“ayuk, maem bareng di tempat biasa ya jam setengah 7.”

“oke sayang...”
Udah...ya udah gitu doang. Gak ada greget-greget nya sama sekali, apalagi perasaan deg-deg serr di dada. Hemm, buat yang jomblo tetap berjuang yak! Saran gue buat PDKT, selipin sepucuk surat di tas doi atau semacamnya, pasti klepek-klepek bacanya dan sudah pasti deg-deg serr di dada :P

Nah sadar atau tidak, kebutuhan akan koneksi internet, wifi, sinyal, dan daya batere pun jadi momok terbesar bagi kita saat ini.

Daya Batere Smartphone
Wah, yang satu ini paling bikin nganyel kalo sampai kehabisan. Smartphone yang mendukung berbagai fitur tentu membutuhkan daya batere yang tidak sedikit. Layar sentuh yang lebar dan aplikasi yang dijalankan sudah pasti menyedot daya batere kita. Pernah gak loe sampai emosi gara-gara batere lobet tiba-tiba dan tidak bisa berbuat apa-apa? Atau semacam nge-charge hape sambil tetep mainan hape?

Kalo udah gitu berarti udah addict banget sama smartphone. Apalagi kalo lagi menunggu, bepergian jauh, atau lagi sendirian, pasti yang dipegang adalah smartphone. Entah, gue gak nglakuin riset atau apa, tapi hampir tiap orang sekarang gitu. Nah, biar dayanya awet, cukup atur kecerahan, batasi aplikasi yang sedang berjalan, matikan koneksi bluetooth dan internet, serta hindari nge-charge dalam keadaan hape masih hidup (bisa merusak batere), serta sediakan power bank jika perlu.

Koneksi Internet, Wifi, dan Loading
Kalo yang ini udah jelas jadi kebutuhan kita saat ini. Bahkan ngeblog pun butuh koneksi internet. Internet yang mati adalah bencana mahadasyat bagi para penggunanya. Baik para pekerja kantoran atau semacamnya, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat. Koneksi internet adalah nyawa smartphone dan belahan jiwa bagi pengguna smartphone. Pasti murka luar biasa kalo internet mati disaat yang sangat dibutuhkan baik untuk pekerjaan atau sekedar chatting.

Untuk sodara deketnya, si wifi adalah sosok penyelamat bagi pengguna internet. Apalagi gratisan. Sekarang serba mahal, termasuk paketan internet. Makannya menemukan jaringan wifi gratis tanpa password dan kenceng adalah berkah yang cetar membahana.

Loading lama juga merupakan hal yang membuat jengkel. Korelasi antara ketiganya adalah dapat gue gambarin sebagai berikut: 
"Koneksi internet paketan provider yang ekonomis mengakibatkan loading lama sehingga manusia haus akan jaringan wifi yang relatif lebih cepat." 

Lola dalam koneksi internet pasti sering loe rasain dan tentu menjadi ketakutan kalo lagi penting-pentingnya tapi internet gak bisa diandalkan.

Seperti air, penggunaan internet juga harus dihemat kalau menggunakan kuota, semacam disetting tampilan picture yang di load, matikan koneksi jika gak perlu dan jangan streamingan. Kalau unlimited alias tanpa batas, sikat aja terus bro...muehehehe. Untuk mengatasi lola, banyak-banyaklah beribadah!

Sinyal
Wahahahaaaa... buat yang lagi menjalankan tugas di daerah plosok jauh dari peradaban teknologi, sinyal adalah item ultra rare yang sangat mahal harganya. Apapun simcard yang kita pakai, gak akan berguna tanpa tower pemancar yang support di daerah itu. Pengalaman gue waktu KKN di daerah Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri mengajarkan bahwa sinyal adalah sebuah hal yang sangat berharga. Kekuatan sinyal pun sangat berharga ketika kau menyadari bahwa dengan sinyal ada, hape normal, dan pulsa yang mumpuni tetep tidak bisa mengirim sebuah SMS gara-gara kekuatan sinyalnya rendah. 

Tanpa sinyal, internetpun mati dan tamatlah riwayat smartphone loe! Huahahahaha.... Mentok cuman bisa nulis, dengerin musik, atau maen game offline tentunya dan semua itu akan menguras daya. 



Okay, karena smartphone adalah bagian dari kehidupan kita, Maka sudah wajar bila BAB di toilet pun sambil bawa smartphone untuk onlen atau maen game! Hahahaha

Tidak dipungkiri lagi bahwa faktor pendukung optimalnya fungsi dari smartphone yaitu daya batere, internet, wifi, dan sinyal adalah hal yang sangat ditakuti oleh generasi saat ini jika mereka terganggu atau hilang.

Jika mereka tiba-tiba hilang, pliss jangan marah, apalagi jadi melakukan hal yang sifatnya negatif. Cukup manfaatkan waktu untuk hal-hal postif yang lain seperti menggambar, membuat pusi, belajar apa aja, memasak, mencoba hal-hal yang baru, membuat karya kerajinan, sharing dengan keluarga, tetangga, istirahat, de el el deh.

See yay! @w@

25 komentar:

  1. kalo berpergian ke gunung-gunung pasti tidak ada sinyal, cuman bisa denger musik doank :(

    BalasHapus
  2. iya, sepertinya banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone, termasuk saya. Meskipun saya sebenarnya bisa saja tidak menggunakan gadget tersebut. Yang paling parah kalo sudah kecanduan, bangun pagi hari pasti yang dicari handphone. Banyak sekali ketakutan terbesar, yang dijelaskan diatas memang ketakutan terbesar sebagian orang, termasuk saya, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan takut bro...takut aja sama Illahi :D

      ya begitulah...gw jg nyari hape ketika bangun,,,,bukannya cepet2 berwudhu...parah....

      Hapus
  3. Emang sekarang banyak orang yang kecanduan smartphone, karena kecanduan narkoba atau kecanduan janda ngak boleh jadi mending kecanduan smartphone ajah..

    keberadaan batrei, sinyal dan wifi adalah penting kalo bisa di optimalkan dengan baik, tapi kenyataan saat ini salah satu diantara mereka ada yang ilang pasti bakal repot mereka, gimana kalo ilang semua, kelar deh hidupnya.. tapi sekrang nyari orang juga mudah, kalo ada colokan sama wifi gratis pasti dia disitu, termasuk gue :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss deh ....semacam memanfaatkan fasilitas wifi dengan baik...
      dan kita termasuk duta energy paket internet... :D

      Hapus
  4. Ini yg disebut zaman sudah berubah. Akan ada waktu di mana semua orang sibuk dengan dirinya karena ia sudah dibudak oleh teknologi.

    Dulu, gue semacam melakukan penelitian pribadi terhadap konsumsi smartphone gue, ternyata kalo udah jadi penyakit, kegelisahan kita akan berlebihan.

    Itulah kenapa kita jangan terlalu fokus dgn smartphone dan semua pernagkat pendukungnya. Keluarlah dan lihat dunia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah..bener bro....gw jg udah praktik sendiri,,,keluar lihat dunia lebih nge refresh daripada cuman utak atik chatting dg hape...

      Hapus
  5. ngomong-ngomong sinyal,sejak gue pindah ke jogja, di tempat gue sekarang ini yang namanya sinyal tuh bener-bener berharga banget lah pokoknya. Bayangin seharian dari pagi sampe malem sinyal ga menampakan dirinya sama sekali. apalagi pas moment2 penting ketika janjian sama temen akhirnya molor karna gangguan sinyal.

    sekian laporan curhat kali ini hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jogja daerah mana? gw jogja, dan sama sekali gak ada sinyal , serius...

      Hapus
    2. daerah sagan, ampun banget deh gue pake tri disini. mana udah telanjur kebeli yang 7gb pula haha. terus kalo ga ada sinyal lo gimana? ganti kartu apa gimana?

      Hapus
    3. ooh...masih kota tuh....gw jogja tapi bukan kota....plosok bgt...daerah kulonprogo haha....

      pake wifi....wkwk...pasang antena luar gitu...

      Hapus
  6. ahahah bener banget

    no 2 itu juga termasuk kuota. Pusing tuh kalau udah kuota habis. semuanya bakal terhenti.

    no 1 udah diatasi sama power bank no 3 juga udah di atasi kayaknya sama 4G. yang katanya kenceng meski di tempat yang gk ada sinyal seperti gunung

    BalasHapus
    Balasan
    1. iye...yg baru 4G....baru dikembangin jg 5G....yg sampe tembus 2gbps...

      Hapus
  7. Bener banget. Itu semua sekarang sudah jadi kebutuhan kita. Yang paling gue butuhin sih dari semua itu yaitu daya batre yang kuat, koneksi internet yang gak lemot sama sinyal yang selalu bagus. :D

    BalasHapus
  8. Setuju gan, jaman sekarang emang jamannya hape layar colek-colekan. Anak jaman sekarang sudah memakai prinsip 4 Ta juga, Harta, tahta, wanita, kuota.

    Kalau saya gan kayaknya cuman internet aja sih yang dibutuhin dan sudah jadi kebutuhan primer soalnya apa-apanya sekarang sudah pake internet. Tapi yah kita juga harus bijak menggunakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaaa,,.. 4Ta....kerennn...bisa jadi 5Ta tuh...ditambah CINTA :D

      Hapus
  9. ya seperti itulah jaman sekarang... serba gadget. batre hape tuh sesuatu yang menentukan dijaman sekarang. batre bocor aja bisa bikin stress... koneksi juga bisa bikin stress.. rasanya benar2 susah membayangkan hidup tanpa smartphone. terakhir, gue berhasil seminggu tanpa smartphone waktu hape gue disita guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha...kerasa kepaksa gitu yak....

      bahka mati listrik bisa lebih setressss :D

      Hapus
  10. Jaman gadget memperbudak kita, aku pun begitu. Ada baiknya sih dengan kemajuan teknologi, tapi buruknya banyak kalau bicara soal sosial. Banyak yang asik mainan gadget sendiri ketika kerja kelompok atau main bareng.

    True banget 3 masalah itu. Batre yang sering jadi masalah utama. Kalo sinyal udah lumayan sih ditempatku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. parah kalo udah sosial bro...semacam gak peduli atau pura pura tidak peduli,,,,

      Hapus
  11. sinyal salah satu nya mas apalagi sekarang sinyal nya lagi gak bersahabat semenjak musim kemarau sinyal ini gak bersahabat banget sering gangguan jadi suka bikin emosi juga ya hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iye.....banyak debu yang beterbangan mungkin jd sinyalnya kehalang :D

      Hapus
  12. memang yang tua yang muda sama saja keracunan virus smartphone .. ga jarang komunikasi bicara langsung jd jarang dilakukan karena adanya fasilitas chatting

    BalasHapus