Rabu, 07 Maret 2012

Pendidikan Pancasila

Dewasa ini kita melihat penerapan pendidikan pancasila yang diberikan di jenjang pendidikan dasar dan lanjutan pertama. Pengertian pendidikan pancasila sendiri menurut beberapa sumber merupakan sekumpulan materi didikan dan pengenalan akan pancasila sebagai dasar negara, dan untuk menanamkan ideologi pancasila itu sendiri kepada anak didik.

Adapun tujuan dari pengertian pendidikan pendidikan pancasila itu sendiri menurut Kep. Dirjen Dikti No. 267/Dikti/2000, adalah mencakup :
A. Tujuan Umum
Untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warga negara dengan negara serta PPBN agar menjadi warga negara yang diandalkan oleh bangsa dan negara.

B. Tujuan Khusus

*. Agar siswa dapat memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur, dan demokratis serta ikhlas sebagawai WNI terdidik dan bertanggung jawab.
*. Agar siswa menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan Pancasila, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional
*. Agar siswa memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejuangan, cinta tanah air, serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa.

LANDASAN
Landasan Historis :
Kitab Negarakertagama Karangan Mpu Prapanca yang ditemukan pada Jaman Raja Hayam Wuruk dari Majapahit

Landasan Kultural :
Pancasila tumbuh dari adat istiadat, kebudayaan, keagamaan dan kepustakan bangsa Indonesia yang unsurnya telah ada pula dalam diri bangsa Indonesia sejak dulu. (Kristalisasi dari nilai adat istiadat, kebudayaan, agama dan kepustakaan bangsa Indonesia)

Landasan Yuridis :
1.    Pembukaan UUD 45  alinea ke-4
2.    Pasal-pasal UUD 45
3.    Ketetapan MPR
4.    Undang Undang Sitem Pendidikan Nasional
5.    Surat Keputusan Mendiknas
6.    Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud/Depdiknas

Landasan Filosofis :
Kristalisasi dari nilai adat istiadat, kebudayaan, agama dan kepustakaan bangsa Indonesia

Pendidikan Pancasila
Semester II

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar