Sabtu, 22 September 2012

Book Evolution

Hwollow…..
Lama tak jumpa di dunia perbloggeran… gimana nih kabar kalian semua? Sehat-sehat aja kan? Hehehe.. harap maklum yak kalo gue sekarang jadi jarang banget nulis di blog, BW, kasi komen, bikin artwork unyu…dsb… gue sibuk pacaran kuliah dan ngerjain segenap tugas kuliah yang soswit.

Kenapa bisa dibilang soswit dinyo?

Karena tugasnya lama banget selesainya… ketika disuruh presentasi, presentasinya udah kelar, tapi makalahnya ngekor di belakang, ketika disuruh bikin artikel, artikelnya kelar, eh ada info kalo nulisnya harus pake format dari pak dosen, jadinya gue rombak lagi tuh artikel….dan masih banyak lagi yang sebelas duabelas dengan itu *ngenes*

Yah, inilah susah gampangnya jadi seorang mahasiswa unyu… kemana-mana ada yang ngintilin… diintilin tugas kuliah *hemmm* mendingan diintilin pacar dah *dihajar calon mertua*

Oke..gue mulai ngaco…. Eniwei, selamat buat Pak Jokowi yang udah kepilih jadi gubernur DKI yang baru. Semoga Beliau mampu memberi pencerahan bagi Panji Manusia Millennium dan Saras 008 untuk lebih aktif dan kreatif dalam memberantas fakir asmara..amin…

Apapun itu, gue berharap Jakarta jadi kota yang kondusif yang menyangkut segala macam bidang kehidupan. Gue berharap Jakarta lebih baik… dan gue juga sangat berharap buat Yogyakarta yang tetap Istimewa….

Kembali ke permasalahan utama…
*iya dinyo….*

Book evolution… kalo diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar mengandung arti sebagai berikut.. Book=buku, evolution=evolusi jadi artinya adalah evolusi buku.

Udah, gitu aja dinyo?
*enggak….ayooo lanjuut...*

Dari jaman ke jaman, mulai dari PAUD sampe kuliah, kerja, penggunaan buku semakin berkembang sesuai usia dan kebutuhan. Tengok saja dari masa PAUD sekarang, anak-anak kecil udah dikasih selebaran kertas buat acara warna-mewarnai. Ato kalo PAUDnya punya banyak dana, malah dikasih buku mewarnai. Evolusi berlanjut ke masa TK. Di TK buku yang diberikan akan lebih gede. Evolusi pun berlanjut ke SD, SMP, SMA. Fungsi buku menjadi lebih kompleks, baik sebagai sarana catat-mencatat, nggambar, binder, buku pegangan, hingga bantal tidur. Memasuki dunia perkuliahan, buku berevolusi menjadi NOTEBOOK atau LAPTOP yang merupakan buku digital serbaguna yang bisa digunakan sebagai sarana membuat novel ataupun menceritakan roman diri sendiri. Dalam dunia perkuliahan, lepi ato notebook udah jadi nyawa kedua bagi setiap diri mahasiswa (secara umum). gue sendiri bakal kangen kalo harus jauh-jauh sama lepi kotak makan siang gue yang unyu ini.

Menurut penelitian Profesor Dinyo, S.PD, seorang mahasiswa memiliki hubungan batin tersendiri dengan notebooknya. Entah itu hubungan bersifat frontal ataupun kausal atau bahkan keduanya. Hubungan frontal ditandai dengan memaki lepi yang kerjanya lelet, suka ngehang, atau karena cepet abis baterenya. Hubungan kausal ditandai dengan menyalakan laptop sepanjang hari, mengelus-elus lepi tiap hari, hingga kangen jika tak melihat wallpaper lepinya. Sedangkan hubungan dari keduanya yakni ditandai dengan memaki jika emosi, mengelus jika riang gembira.

Seiring perkembangan zaman, buku tulis mulai ditinggalkan. Buku bergambar unyu mulai dilupakan. Diganti dengan buku seberat kurang lebih 1,5 kg yang bisa dibawa kemana-mana. Diganti dengan notebook kecil mungil serba guna bagi mahasiswa. Gue kangen buku-buku tulis unyu jaman SD dulu. Dimana buku yang covernya bagus gue pake buat mata pelajaran yang gue suka.. yapp.. matematika, ipa, sejarah… kangen buku-buku tulis yang gue pake buat nyatet tiap tulisan di papan tulis kapur yang ditulis bapak/ibu guru dulu. Kangen catetan dari cuap-cuap guru gue tersayang….
“menarilah jangan menangis, masih ada dunia yang mau menjagamu, bernyanyilah jangan bersedih, masih ada hari esok yang menantimu..”
*thanks to my friend, Rifqa, gara-gara elu telat masuk kuliah Kewarganegaraan, jadi dihukum nyanyi... dan lirik lagu yang kau nyanyikan memberikan sesuatu hal yang menakjubkan* 

Semua berubah sesuai keinginan, semua bergeser sesuai kemauan… pelan tapi pasti, dan terkadang....gue merindukan suasana yang dulu….

NB: 
*disela ada canda disisi ada tawa, terselip rasa rindu akan masa-masa lalu…*
Makasih banget buat Pauus Nyunyu yang udah mau nemenin gue selama ini...love you @w@
makasih juga buat yang udah mau baca sampe ujung sini

18 komentar:

  1. iya sih bener buku kyk udah tertinggal dan diganti laptop. kenyataan gue kekampus gapernah bawa buku haha apalagi pulpen. sistem pembelajaran juga udah sebagian besar pake digital. semua bisa dilakukan dilaptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga cuman bawa binder sama lepi ke kampus yog..hehe :D

      Hapus
  2. hehehe ngakak gue...
    tapi bener juga sih, gue dan si lepi biru unyu-unyu gue udah gak bisa dipisahin. sudah seperti pacar sekalian sahabat. Pokoknya, dia adalah segalanya. wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan dinikahin ya lepinya kelak.. *piss* :D

      Hapus
  3. Laptop bagi kalangan mahasiswa mrupan suatu media yg wajib ada, rasanya kurang lengkap kalau itunya gak ada. disisi lain mahasiswa jarang memakai buku catatan, apalagi kalau disuruh catat. Malas banget.

    Masa2 dulu, memang mesti dirindukan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali sob....tapi gue gatel kalo gak nyoret2 binder waktu kuliah..heheheheee

      Hapus
  4. setuju deh, kalo gue emang dari jaman SD ga hobi banget nulis di buku .
    makanya buku gue tuh awet abis walaupun dipake bertahun-tahun *eh

    BalasHapus
  5. kalo gue masih suka nulis di buku..
    soalnya tulisan gue bagus Bang..
    indah,
    enak dipandang,
    dan selalu mendapat pujian..
    *gampar*

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tunjukkin sampel tulisan elu din, nanti aye teliti kandungan kekecean dari tulisannya....wkwk *dihajar*

      Hapus
  6. Kalo sama lepi mah bukan hubungan batin lagi.. apa lagi yang suka menggeluti IT.. udah deh.. cewek sekelas dian sastropun bakal jadi yang ke-2 setelah lepi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haseekk.....pasti dian sastronya diabadikan jadi walpaper lepinya *eaa*

      Hapus
  7. Hahaha...
    Bener! Buat ukuran mahasiswa buku-buku udah mulai tertinggal, bahkan dulu gue pernah liat kalo dulu mahasiswa bawa-bawa buku yang bisa di bongkar pasang kertasnya. Binder ya namanya?

    BalasHapus
  8. gue dooong masih pake buku u,u
    tapi lebih sering pake Laptop/Notebook sih, maklumlah udah memasuki era digital. buku sudah mulai ditinggalkan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasian banget sama buku yang covernya unyu dit...jadi gak laku.. -_____-

      Hapus
  9. buku gue sering bgt abis cuma gara gara buat gambar tulisan gravity doang *nyusahin orang tua bgt*

    BalasHapus